Dai-dai Di Depan Gerbang Jahannam

Yang berhasil saya catat pada kajian islam ilmiah bersama Ustadz Ibnu Hajar Hafidzhahullah di Masjid Besar Al Ra’iyah Komp DPRD Sumsel Depan Palembang Icon (Jumat Malam, 28 Juni 2019) adalah sebagai berikut:

Judul: “Dai-dai Di Depan Gerbang Jahannam”

Assalamualaikum Wr. Wb.

*Ciri-ciri dai-dai ini adalah mereka mempunyai cara untuk mengiklankan diri.

*Fitnah syubhat (berhubungan dengan keimanan & keyakinan) dan fitnah syahwat (fitnah berupa syahwat yang bisa mengalahkan kebenaran).

*Siapa mereka? Wallahu a’lam bisshowab.

*Allah cabut ilmu dengan diwafatkan para ahli (ulama) yang takut kepada Allah. Ahli yang tidak berbicara kecuali ada sumbernya (dalil) yakni berasal dari Al-Quran & As-Sunnah.

*Bila ada ulama yang tidak takut lagi kepada Allah, maka manusia kembali kepada dai-dai yang jahil. Mereka berbicara agama tanpa ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan. Carilah latar belakangannya.

*Apakah setelah kebaikan ini apakah ada lagi keburukan? Ya. Akan muncul dai-dai yang berdiri di depan pintu jahanam.

Dari Hudzaifah bin Al-Yaman Radhiyalahu ‘anhu beliau berkata : “Dahulu manusia bertanya kepada Rasulullah tentang hal-hal yang baik tapi aku bertanya kepada beliau tentang hal-hal yang buruk agar jangan sampai menimpaku”

Aku bertanya : “Wahai Rasulullah, dahulu kami berada dalam keadaan jahiliyah dan kejelekan lalu Allah mendatangkan kebaikan (Islam) ini, apakah setelah kebaikan ini akan datang kejelekan?”

Beliau berkata : “Ya”

Aku bertanya : “Dan apakah setelah kejelekan ini akan datang kebaikan?”

Beliau menjawab : “Ya, tetapi di dalamnya ada asap”

Aku bertanya : “Apa asapnya itu ?”

Beliau menjawab : “Suatu kaum yang membuat ajaran bukan dari ajaranku, dan menunjukkan (manusia) kepada selain petunjukku. Engkau akan mengenal mereka dan engkau akan memungkirinya”

Aku bertanya : “Apakah setelah kebaikan ini akan datang kejelekan lagi ?”

Beliau menjawab :”Ya, (akan muncul) para dai-dai yang menyeru ke neraka jahannam. Barang siapa yang menerima seruan mereka, maka merekapun akan menjerumuskan ke dalam neraka”

Aku bertanya : “Ya Rasulullah, sebutkan ciri-ciri mereka kepada kami ?”

Beliau menjawab : “Mereka dari golongan kita, dan berbicara dengan bahasa kita”

Aku bertanya : “Apa yang anda perintahkan kepadaku jika aku temui keadaan seperti ini”

Beliau menjawab : “Pegang erat-erat jama’ah kaum muslimin dan imam mereka”

Aku bertanya : “Bagaimana jika tidak ada imam dan jama’ah kaum muslimin?”

Beliau menjawab :”Tinggalkan semua kelompok-kelompok sempalan itu (tidak mengajak ketaatan kepada Allah) walaupun kau menggigit akar pohon hingga ajal mendatangimu”

(HR. Bukhari 6/615-616 dan 13/35 beserta Fathul Baari. Muslim 12/235-236 beserta Syarh Nawawi. Baghowi dalam Syarhus Sunnah 14/14. Dan Ibnu Majah 2979) – (HR. Ahmad dalam musnad 5/399)

P_20180324_183949_vHDR_On_1_1-01
Interior Kubah Masjid Ar Al Ra’iyah Komp DPRD Sumsel

“Sesungguhnya barangsiapa yang mencari keridhoan manusia dengan mendatangkan kemurkaan Allah maka Allah akan murka kepadanya dan akan menjadikan manusia juga marah kepadanya, dan orang yang memujinya akan berubah menjadi mencelanya”

“Dan barangsiapa yang mencari keridhoan Allah meskipun mendatangkan kemarahan manusia maka Allah akan ridho kepadanya dan akan membuat mereka ridho kepadanya”

Note:

1. Hudzaifah bin Al-Yaman adalah sahabat nabi yang banyak ilmunya. Ilmunya berasal Kitabullah & As-Sunnah. Beliau diberitahukan atau dititipkan 30 nama-nama orang munafik oleh Rasulullah dan ini dirahasiakan.

2. Nanti akan ada satu masa di mana muslimin berada pada samar-samar karena syubhat. Di sana akan ada dai-dai yang menyeru kepada jahannam.

3. Cara menghindarinya adalah dengan menghadiri majelis ilmu tentang jalan keselamatan di akhirat.

4. Sebab terjaganya fitnah adalah duduk di dalam majelis ulama.

Pertanyaan & Jawaban

Cara membedakan dai sunnah dan dai bidah? Kalau dai sunnah mengajarkan sunnah sedangkan dai bidah mengajarkan bidah. Cara mudahnya adalah duduk di majelis, pelajari sunnah, maka akan tahu bidah. Dai sunnah mengajak apa yang diajarkan Rasullullah.

*Semoga bermanfaat. Barakallah 😇

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

2 pemikiran pada “Dai-dai Di Depan Gerbang Jahannam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s